Sabtu, 24 Oktober 2015

Membandingkan wisata jogja dengan Dunia : Puncak Suroloyo



Puncak Suroloyo untuk pikiran yang tentram

Foto: http://blog.reservasi.com


Ingin menapak di tempat laksana di atas awan? Kunjungi Puncak Suro
loyo yang merupakan puncak dari Pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Dari puncak ini kamu bisa menikmati sunrise, pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro, dan kegagahan Candi Borobudur yang masuk wilayah Magelang, Jawa Tengah.
Tempat ini memang beraura cukup magis, mengingat ada tiga pendopo di Puncak Suroloyo. Pendopo pertama adalah sebuah pendopo pertapaan. Konon, di Puncak Suroloyo inilah Raden Mas Rangsang atau Sultan Agung Hanyokrokusumo bertapa untuk mendapatkan petunjuk dari Yang Kuasa mengenai keberlangsungan kepemerintahannya di bumi Jawa. Selain itu, setiap 1 Suro (1 Muharram) selalu diselenggarakan ritual pembersihan pusaka warisan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo.
Rute yang bisa kamu tempuh dari kota Yogyakarta ke Puncak Suroloyo yaitu, jalur pertama melalui Jalan Godean-jembatan Progo-Perempatan lampu merah Nanggulan-perempatan Dekso-Samigaluh-Puncak Suroloyo. Jalur kedua, yaitu Jalan Magelang-Tempel-Kalibawang-Pasar Jagalan-Puncak Suroloyo.
Setelah tahu daftar wisata alam di atas, buru-buru pengen berkunjung, kan? Selamat piknik, guys!

Source : sariagustin blog

0 komentar:

Posting Komentar